Kamis, 02 Februari 2012

STENOGRAFI DI MANFAATKAN OLEH SEORANG SEKRETARIS DALAM DUNIA KERJA



Stenografi (Bahasa Indonesia) dan English Shorthand.  Sebetulnya ini sama-sama stenografi, karakter untuk penulisan secara cepat. Cuma ternyata tidak seperti yang dibayangkan, karena dua mata kuliah ini benar-benar sangat berbeda karakternya.


Dahulu, sebelum ditemukan alat perekam dan mesin dikte, stenografi sangat penting dan dipakai secara luas. Sampai saat ini pun, stenografi masih menjadi bagian sangat penting dalam pelatihan-pelatihan kesekretarisan dan bahkan jurnalis, dalam upaya menuliskan secara cepat segala sesuatunya.
Stenografi diambil dari bahasa latin stenos (sempit) dan graphe (menulis), yang artinya akurang lebihnya dalah teknik menulis cepat dengan menggunakan simbol atau karakter singkatan. Stenografi sangat banyak macamnya. Yang sangat umum dikenal secara luas adalah Stenografi dengan sistem Pitman dan sistem Gregg.
Sebagai sekretaris yang salah satu tugasnya mencatat notulen saat meeting, tentunya dibutuhkan keahlian dalam kecepatan menulis. Karena karakter dari stenografi ini sangat mempermudah dan mempercepat kita menuliskan suatu kalimat, tentunya menjadi keuntungan tersendiri bila kita menguasai stenografi. Diibaratkan, kita akan menulis sebuah huruf dengan 3 gerakan, pada stenografi, terkadang satu suku kata hanya dua gerakan. Ini sangat meringkas waktu dan tempat menulis.
Memang, seiring dengan kemajuan teknologi, tugas ini bisa digantikan dengan mudah oleh mesin perekam. Namun, tetap saja stenografi masih sangat dibutuhkan untuk mencatat dokumentasi manual yang belum tergantikan. Stenografi tetap memiliki kelebihan dibanding menggunakan media perekam . Bahkan di beberapa tempat, catatan medikal untuk profesional masih menggunakan stenografi ini.
Jadi membayangkan seandainya saat ini para mahasiswa diwajibkan bisa stenografi, trus mengikuti kuliah sambil mencatatnya dengan stenografi. Keren kali ya? hehehe..
Eh, satu lagi, sepertinya asyik juga ya menulis surat rahasia dengan stenografi, apalagi surat cinta. Siapa mau coba? :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar